Beberapa Ide Bisnis Sampingan

Pada umumnya yang dimaksud usaha sampingan merupakan usaha lain yang dilakukan dengan skala kecil, baik berupa modal maupun waktunya. Usaha sampingan biasanya dilakukan saat seseorang memiliki waktu luang dan tidak dikejar-kejar target. Akan tetapi, jika usaha sampingan dilakukan dengan sungguh-sungguh maka tidak menutup kemungkinan bisa berkembang menjadi usaha berskala nasional bahkan dunia. Usaha sampingan bisa dibagi kedalam 3 kategori. Yakni Menawarkan Barang, dan Menawarkan Jasa. Berikut beberapa contoh usaha berdasarkan kategorinya:

gb-bisnis

A. Menawarkan Barang

Menawarkan Barang yang dimasud disini yakni berjualan barang baik secara offline maupun online

1. Menjual Pakaian

Menjual Pakaian bisa dilakukan dengan cara offline ataupun online. Dengan cara offline, anda bisa membuka toko baik dirumah ataupun menyewa toko/ruko. Akan tetapi, jika anda tidak memiliki cukup lahan untuk berjualan dan belum cukup modal untuk menyewa toko/ruko, anda bisa menjualnya dengan cara pendekatan dengan tetangga ataupun teman anda. Misalkan: saat anda berkumpul arisan dengan tetangga, anda bisa menyisipkan pembicaraan dengan memperkenalkan barang dagangan anda. Dengan Cara online, anda bisa menggunakan social media, membuat web sendiri, ataupun bisa berjualan melalui tokopedia/bukalapak/dll.

2. Berjualan Pulsa

Berjualan pulsa bisa anda lakukan dengan membuka counter sendiri, namun jika modal belum cukup, anda bisa menjualnya secara online melalui social media yang telah banyak ada.

3. Jual Beli motor Bekas

Jual beli motor bekas bisa dilakukan dengan membuka dealer motor bekas atau kalau belum cukup modal, anda bisa bertindak sebagai makelar.

4. Menjual Barang-barang berdasarkan hobi

Jika anda menjual barang-barang yang berdasarkan hobi anda, maka sudah pasti anda sangat mengenal setiap detil segala keperluan yang berkaitan dengan hobi tersebut. Anda bisa menjual barang-barang yang menjadi kebutuhan untuk pemenuhan hobi tersebut.

5. Menjual Aneka Kue/Makanan

Menjual Kue dijaman serba digital seperti sekarang ini bisa dibilang sangat mudah, apalagi jika anda memanfaatkan salah satu social media yang banyak menampilkan foto/video yang menunjukkan kue-kue buatan anda sangat menggugah selera.

6. Membuka Warung Kopi

Usaha membuka warung kopi bisa dibilang cukup menjanjikan, ditambah lagi dengan akses WiFi yang bisa anda tambahkan dalam fasilitas warung kopi anda. Saat ini kebanyakan orang mencari tempat yang nyaman untuk bisa nongkrong dan apalagi jika ditambah WiFi gratis.

B. Menawarkan Jasa

Menawarkan Jasa juga bisa dilakukan dengan cara online ataupun offline

1. Jasa Cuci Motor dan atau Mobil

Modal untuk memulai bisnis Jasa Cuci Motor dan atau Mobil bisa dibilang cukup kecil, hanya saja anda harus menyediakan lahan yang cukup untuk operasionalnya. Selain lahan yang cukup untuk operasionalnya, ruang tunggu yang nyaman bisa menjadi nilai plus.

2. Les Privat

Bisnis sampingan yang satu ini tidak pernah sepi peminat. Anda bisa menjadi guru les privat bermodal ilmu yang anda dapatkan sewaktu sekolah, atau anda bisa mengkoordinir beberapa orang yang bersedia menjaadi guru les privat dengan komisi tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Bisnis ini tidak menutup kemungkinan dikembangkan menjadi Lembaga Bimbingan Belajar.

3. Penerjemahan

Jasa Penerjemahan sangat diperlukan akhir-akhir ini, apalagi jika anda membukanya diwilayah sekitar sekolah/kampus.

4. Laundry Kiloan

Bisnis Laundry Kiloan kini sangat bmenjamur diwilayah kampus. Hal ini menunjukkan bahwa jasa Laundry sangat dibutuhkan khususnya bagi konsumer yang sangat sibuk. Karna semakin menjamurnya, anda bisa menyediakan jasa jemput dan antar laundry nya.

5. Menjahit Pakaian

Meski semakin maraknya toko baju baik online maupun offline, Jasa jahit pakaian tidak pernah sepi peminat. Apalagi jika si konsumen ingin selalu tampil dengan baju yang tidak pasaran. Anda bisa memasarkan jasa menjahit pakaian anda dengan sistem online dengan sistem Pre Order

6. Rental Komputer

Saat ini Laptop bukan lagi barang mewah. Hampir semua orang kini memilikinya. Akan tetapi bagi beberapa orang, printer dan scanner pun juga barang yang penting, dan tidak semua orang memilikinya. Printer dan scanner biasanya didapatkan mereka dari menyewa di rental komputer.

7. Desain Grafis

Bisnis sampingan yang satu ini bisa dilakukan bagi mereka yang memang ahli dibidangnya. Anda bisa membuka jasa pembuatan kartu nama, Logo, Desain kaos, Spanduk, dll.